-->

Daftar Istilah Dan Singkatan Dalam Pemilu

Dalam pelaksanaan pemilu terdapat banyak sekali singkatan yang belum di fahami oleh masyarakat luas dan menurut saya sendiri para pelaksana pilkada di desa juga masih banyak yang belum mengetahui istilah - istilah yang terdapat dalam pemilu, kenapa saya mempunyai kesimpulan seperti itu ? karena dalam pemilu tahun 2015 yang akan di laksanakan pada tanggal 09-november-2015 nanti ada peraturan yang memutuskan tentang jika dalam pelaksanaan pemilu tidak boleh seorang anggota ataupun ketua menjadi pelaksana dalam dua kali jadi hanya sekali saja di ikut sertakan bisa menjadi pelaksana pemilu atau pilkada .

Jadi pada pelaksanaan pemilihan umum kali ini pasti yang menjadi pelaksana merupakan orang - orang baru yang ikut terlibat dalam kegiatan pemilu, walaupun di adakan Bintek yang biasanya hadir tidak akan semua anggota yang menghadiri bimbingan teknis pelaksanaan pemilu seperti yang telah saya tuliskan pada judul ada beberapa istilah dan singkatan dalam pemilu jika ada di antara anda yang belum mengetahui istilah dan singkatan ini silahkan baca sampai selesai .

Daftar Singkatan Dan Istilah Pemilu

  1. Komisi Pemilihan Umum yang di singkat menjadi KPU dan meliputi KPU provinsi,KPU kabupaten atau kota adalah penyelenggara pemilihan umum pusat yang tetap.
  2. Panitia Pemilihan Kecamatan di singkat menjadi PPK
  3. Panitia Pemungutan Suara di singkat menjadi PPS yang meliputi pemilihan suara di desa
  4. Tempat Pemungutan Suara di singkat menjadi TPS 
  5. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di singkat menjadi KPPS fungsi dan tugasnya meliputi desa sama dengan PPS
    anggota KPPS sebanyak 7 orang satu ketua merangkap anggota dan di bantu oleh dua orang petugas ke amanan TPS
     
  6. Badan Pengawas Pemilu disingkat menjadi BAWASLU
  7. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Demikian adalah istilah dan singkatan yang terdapat dalam pemilu yang melingkupi suatu daerah provinsi, kabupaten, dan desa. Apakah sudah lengkap istilah di atas tetapi menurut saya masih banyak yang belum saya tuliskan dan hanya itu saja yang saya ketahui Daftar Istilah Dan Singkatan Dalam Pemilu silahkan tambahkan oleh anda jika masih ada kekurangan tambahkan dalam komentar .

You Might Also Like: