-->

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Kerja Shift Malam

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Kerja Shift Malam - Kali ini saya akanberbagi tips mengatasi rasa kantuk ketika saya bekerja pada malam hari di saat orang-orang tidur? Kebetulan saya bekerja di pabrik sepatu sport yang memberlakukan kerja dengan system shift, Istilah ini juga sering kita sebut shift, di saat kerja malam pada saat pertama kali saya selalu di datangi rasa ngantuk yang membuat saya tidak fokus bekerja sehingga dalam beberapa hari pertama kerja malam saya tidak pernah dapat target alhasil saya kena tegur atasan!
Dan pengalaman ini Pasti Anda juga pernah mengalaminya ketika harus bekerja shift malam.

Namun setelah beberapa bulan saya bekerja malam saya mempunyai strategi sendiri agar pada saat kerja shift malam bisa tetap segar dan tidak mengantuk, karena pasti yang membuat kita malas untuk kebagian kerja malam kebanyakan adalah mengantuk, anda ingin tahu bagaimana saya mengatasi mengantuk saat kerja di malam hari?
Berikut ini tips yang mungkin akan bermanfaat bagi kalian untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja shift malam .

Tips  Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Kerja Shift Malam

Waktu Tidur Yang Cukup

Cukup tidur saat siang hari, tidur yang cukup sangat membantu anda agar tetap tetap aktif saat kerja malam. dan pembagian waktu tidur yang saya lakukan saya bagi menjadi dua kali tidur, pertama ketika pulang kerja malam di pagi hari saya makan dan minum kemudian tidur sampai jam 12 kemudian shalat dhuhur selanjutnya mengerjakan aktivitas lain service hp kebetulan saya juga buka konter dan setelah datang waktu magrib saya shalat kemudian tidur beberapa jam sebelum saya berangkat kerja dan hal ini membuat saya tidak merasa mengantuk saat kerja malam .

Mengkonsumsi Makanan Yang Cukup

Agar tubuh kita tetap segar dan sehat walaupun selalu begadang makanlah makanan yang penuh gizi seperti sayur dan buah. Hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga dan mengisi perut Anda agar tidak pedih saat kerja di malam hari. Dan jangan biarkan perut anda kosong saat bekerja malam karena rentan terhadap masuk angin ketika perut kosong.

Konsumsi Air Minum Yang Cukup

Jangan pernah sepelekan konsumsi air minum karena tuguh kita juga perlu cairan yang cukup walupun kerja malam mengkonsumsi air minum yang cukup juga berpengaruh terhadap rasa kantuk silahkan anda coba dan rasakan .

Hindari fikiran kacau

Tenangkan fikiran fokus saja terhadap kerjaan nikmati kerjaan anda dengan iklhas jangan mearasa terpaksa karena bekerja untuk keluarga mencari nafkah adalah ibadah .

Konsumsi buah

Makanlah buah-buahan seperti jeruk pisang taupun yang lainnya sekitar 3 jam sebelum Anda mulai shift malam Anda. Ini akan menjaga tubuh Anda tetap segar dan terhidrasi.

Konsumsi kacang-kacangan

Kacang sehat bagi Anda untuk di konsumsi selama bagian awal dari malam jika Anda bekerja shift malam. Ini akan memberikan Anda energi yang cukup sepanjang malam.

Nutrisi alami

Solusi alami seperti kopi atau air akan membuat Anda terjaga. Ini adalah salah satu tips agar Anda tetap segar saat shift malam

Mandi

Anda perlu mandi setidaknya 2-3 kali sehari, terutama selama musim panas. Jika Anda bekerja di shift malam, Anda harus mandi sebelum Anda berangkat bekerja. Hal ini akan membuat tubuh Anda segar dan semangat untuk memulai aktifitas.

Olahraga

Ketika Anda berolahraga Anda memberikan stamina tubuh Anda untuk membantu Anda sepanjang malam. Ini adalah salah satu cara agar Anda tetap fit saat kerja malam.

Musik

Ya, musik membantu Anda untuk merasa lebih baik dan santai. Sebelum Anda memulai shift malam, Anda bisa mendengarkan musik yang membuat Anda bisa lebih semangat.

Ubah Diet Anda

Anda perlu mengubah diet Anda jika Anda ingin mendapatkan tubuh Anda tetap segar untuk shift malam. Kurangi makanan yang terlalu berat, karena akan membuat mengantuk. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan mengenyangkan namun ringan dan tidak berat.

Duduk di tempat terang

Salah satu cara agar tidak mengantuk saat shift malam adalah duduk di ruang yang terang. Ini akan membuat Anda tetap terjaga karena indera Anda menerima cahaya terang.

Dan ketika istirahat pada jam malam setelah makan saya selalu memanfaatkan waktu tersebut untuk istirahat sambil ngobrol dengan teman kerja dan 30 menit sebelum masuk saya manfaatkan untuk tidur secukupnya, bagi yang tidak terbiasa sebaiknya jangan tidur dengan waktu yang sebentar karena kana pusing ketika bangun ,dan demikian cara saya untuk menghilangkan rasa kantuk saat kerja malam .

You Might Also Like: